Keberadaan Istri dan Anak Rafael Alun Ditelusuri KPK terkait Kasus Gratifikasi RAT

- Rabu, 19 April 2023 | 14:56 WIB
Mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo (rompi oranye), ditampilkan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (3/4/2023).  (B Universe Photo / Joanito De Saojoao)
Mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo (rompi oranye), ditampilkan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (3/4/2023). (B Universe Photo / Joanito De Saojoao)

INTINESIA - Istri serta dua anak mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo (RAT) telah dicegah ke luar negeri oleh KPK. Pencegahan tersebut dalam rangka proses penyidikan kasus Rafael.

Disebutkan, Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK tengah menelusuri dugaan andil istri serta anak mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo dalam kasus gratifikasi. Rafael sendiri diketahui telah ditetapkan sebagai tersangka kasus gratifikasi oleh KPK.

Terkait anak dan istri Rafael, Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur menyampaikan, pihak-pihak tersebut masih didalami. 

Baca Juga: KPK Resmi Tahan Rafael Alun 20 Hari Pertama

"Keterlibatan para pihak masih didalami," ujar Rabu (19/4/2023).

Sejauh itu, Asep belum menerangkan lebih detail soal sejauh mana andil pihak keluarga Rafael. Dia hanya memastikan, KPK akan selalu menyampaikan perkembangan penanganan kasus ini ke publik.

Diketahui sebelumnya, KPK telah mencegah lima orang ke luar negeri karena diduga punya kaitan dengan kasus gratifikasi Rafael Alun. 

Baca Juga: KPK akan Terapkan Pasal TPPU bagi Rafael Alun

Berdasarkan informasi, lima orang yang dicegah ke luar negeri yang merupakan keluarga Rafael Alun tersebut adalah  istri Rafael Alun Trisambodo, Ernie Meike Torondek; adik Rafael Alun, Gangsar Sulaksono; anak Rafael Alun, Angelina Embun Prasasya dan Christofer Dhyaksa Darma; serta Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur Wahono Saputro.

Sementara itu, Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya menyebutkan, KPK mengajukan tindakan cegah terhadap lima orang tersebut agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Saat ini KPK telah mengajukan tindakan cegah agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terhadap lima orang yang diduga memiliki keterkaitan dengan proses penyidikan perkara tersangka RAT," kata , Jumat (14/04/2023). 

Baca Juga: Selain Inisial R, 25 Artis Diduga Terlibat TPPU Rafael Alun

Ditambahkan Ali, pengajuan tindak cegah terhadap kelima orang tersebut telah disampaikan KPK ke Ditjen Imigrasi dan akan berlaku untuk enam bulan ke depan sampai September 2023.

Ali pun mengingatkan para pihak yang dicegah ke luar negeri tersebut agar dapat mengikuti proses hukum. Mereka bakal dimintai keterangan guna mengungkap kasus yang menjerat Rafael Alun. (***)

Editor: Bulan Tresyana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekretaris MA Ditahan KPK

Sabtu, 6 Mei 2023 | 18:36 WIB
X